Rabu, 26 Desember 2012

Workshop

Kegiatan Workshop
"Workshop Pengembangan Keunggulan Madrasah Melalui Pemanfaatan Teknologi Infromasi Terpadu" begitulah temanya yang terpampang di dinding. Keiatan Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 26 - 28 Desember 2012 yang bertempat di Hotel Endah Parahiyangan Cibeureum Cimahi Bandung.Penyelenggaraan kegiatan tersebut hasil kerja sama antara Yayasan Global Infratama, Direktorat Jenderal Madrasah dan Uiversitas Islam Nusantara Bandung.

Maksud Workshop ini adalah sebagai upaya mengidentifikasi kebutuhan, menyusun instrumen keunggulan madrasah, permasalahan, tuntutan dalam mengembangkan keunggulan madrasah melalui upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat dikembangkan dengan tiga pilar mutu pendidikan yakni 1). Peningkatan mutu dan kualitas guru, 2). Memenuhi seluruh sarana prasarana dan infrastruktur dunia pendidikan serta 3). Membangun Sekolah unggulan.

Tujuan Workshop adalah :
  1. Dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan pengelola dan penyelenggara pendidikan dalam upaya membangun keunggulan madrasah.
  2. Dapat memahami standar-standar pengelolaan pendidikan di madrasah sesuai standar minimal yang ditetapkan pemerintah maupun tuntutan masyarakat.
  3. Dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong, mempengaruhi keunggulan madrasah.
  4. Dapat tersusun instrumen minimal dalam pengembangan keuggulan madrasah
  5. Dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat terbangunnya keunggulan madrasah
  6. Dapat merumuskan ciri-ciri keunggulan madrasah diantara; (1). Kepemimpinan dan manajement yang kuat (2). Kualitas Sumber Daya yang terus ditingkatkan (3). Input Siswa berkualitas (4). Keberadaan sarana dan prasarana yang mendukung, termasuk sistem kerjasama kelembagaan dan dukungan masyarakat.
  7. Dapat menyusun langkah - langkah program dalam membina dan mengembangkan keunggulan madrasah.
Target yang diharapkan :

Target dan sasaran yang diharapkan dicapai dalam kegiatan Workshop Pemetaan Keunggulan Madrasah adalah :
  1. Dapat meningkatkan wawasan kepala madrasah dalam melaksanakan tugas sebagai educator, leader, manager, supervisor dan administrator guna terbangun pemahaman dan sikap tentang pentingnya mutu pendidikan.
  2. Dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mendorong dan mempengaruhi terbangunnya suatu keunggulan dan mutu madrasah.
  3. Dapat tersusun instrument standar keunggulan Madrasah
  4. Dapat teridentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam upaya membangun keunggulan dan mutu pendidikan di madrasah.
  5. Dapat membuat peta potensi dan sumberdaya dalam mendorong terbangunnya keunggulan madrasah sesuai potensi dan sumberdaya lokal.
  6. Dapat terrumuskannya program dan langkah-langkah pembinaan dan pengembangan keunggulan dan mutu pendidikan madrasah.




0 komentar: